Pages

Senin, 10 September 2012

Apa sih Social Engineering itu...?

hmmmm...
Semua kita pasti tau kalau manusia itu Makluk Sosial, yupzzz... yang bearti setiap manusia itu tidak bisa hidup sendiri, butuh orang lain, butuh makluk lain, butuh lingkungannya.
jadi apa hubungannya dengan Social engineering ...?
nah itu dia jadi kita sebagai makluk sosial akan melakukan interaksi sosial, dimana interaksi sosial tersebut dapat menyebabkan bocornya informasi yang kita punya.


Menurut definisi, Social engineering adalah suatu teknik ‘pencurian’ atau pengambilan data/informasi penting/krusial/rahasia dari seseorang dengan cara menggunakan pendekatan manusiawi melalui mekanisme interaksi sosial. Atau dengan kata lain social engineering adalah  suatu  teknik  memperoleh  data/informasi  rahasia  dengan  cara  mengeksploitasi kelemahan manusia.

jadi semakin banyak kelemahan yang kita miliki semakin besar kemungkinannya kita bakal jadi korban.

beberapa kelemahan yang sering dimanfaatkan :

  • Rasa Takut - tentu anda pernah menonton/melihat adegan film dimana seseorang menfaatkan ketakutan si korban untuk dapat memperoleh informasi darinya, itu salah satu contoh pemanfaat rasa takut.
  • Rasa Percaya - anda pernah merasakan sakitnya di khianati..?, terkadang seseorang menfaatkan rasa percaya kita untuk memperoleh informasi dari kita. tentu bukan hal sulitnya untuk memperoleh semua informasi dari kita bahkan yang sifatnya rahasia sekalipun, karena kita merasa percaya terhadapnya.
Tipe Social Engineering :

  1. Interaksi sosial Langsung - dimana pelaku dan korban melakukan interaksi secara langsung, Pelaku akan sangat pandai berbicara untuk meyakinkan kita. contoh kasus : saya pernah mengalami, ada seseorang sales yang dengan gaya meyakinkan datang menghampiri saya, dia berbicara seolah-olah saya ini memenangkan sesuatu hal (padahal tidak), ketika dia meminta alamat dan nomor Hp, dengan polosnya saya memberikan begitu aja. nah satu informasi kita telah dicuri tanpa kita sadari.
  2. Interaksi sosial Melalui berbagai media - pada zaman sekarang ini begitu banyak media komunikasi untuk mendukung interaksi sosial, tentu celah ini juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan pencurian informasi, contoh sederhana yang mungkin sebagian kita mengalami yaitu via sms, tiba kita menerima sms yg memberitahu kita memenangkan sesuatu dan meminta kita untuk mengikuti arahannya, termasuk mengirimkan data diri kita. contoh lain yang saya sendiri pernah alami, dulu saya suka Game POKER, jadi saya ingin menaikan chip dengan instant, saya cari tutorial yang membahas hal itu, dan saya ikuti semua arahannya. termasuk mengirimkan alamat E-mail dan password. nah informasi e-mail dan password yang begitu penting telah bocor.
Tips untuk menghidari dari Resiko
  1. Senantiasa Waspada dan hati-hati.
  2. Giat Belajar 
  3. Perbanyak ibadah
tapi ingat jangan karena hal ini anda jadi orang yang pelit informasi dan tertutup...
ingat...!!!
TIDAK SEMUA UNTUK DIBAGIKAN
TIDAK SEMUA UNTUK DISIMPAN.


Referensi

Print Friendly and PDF

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...